Monday, March 1, 2010

Usaha Jamur Tiram

Budidaya Jamur Tiram

Tahapan budidaya jamur, antara lain: membuat media dari serbut gergaji dicampur kapur dan dedak, lalu diaduk dan diayak dengan sedikit air/dibasahi; sterilisasi selama 5 jam dengan 100 derajat, dalam karung atau plastic; setelah dingin diinokulasi/masukin bibit; lalu masukan kapas, ikat dengan karung; disimpan di ruang inkubasi selama 2 bulan, baru kemudian dipanen.

Di antara banyak jenis jamur yang sekarang sedang baik prospeknya adalah Jamur Tiram Putih/Shemeji (Pleuratus Astreatus). Jamur ini disebut juga jamur kayu, karena tumbuh pada media kayu lapuk. Jenis jamur kayu lainnya adalah jamur kuping jamur shitake, dan jamur Gauderma.

Dari sisi cita rasa, jamur tiram, merupakan salah satu jenis jamur edible (dapat dimakan) yang cukup potensial untuk dikembangkan karena selain rasanya nikmat, kandungan nutrisinya cukup tinggi, Selain sebagai sumber protein alternatif, jamur tiram bisa dijadikan sebagai suplemen bagi yang sedang gencar berdiet karena mengandung serat berupa lignoselulosa yang sangat baik bagi pencernaan dan bagi penderita kolesterol tinggi, jamur tiram dipercaya dapat dijadikan sebagai makanan menyehatkan yang tidak mengandung kolesterol jahat.

Sementara dari sisi bisnis, jamur tiram mendominasi 55—60% total produksi jamur nasional. Oleh karena itu, bila sedang berpikir untuk terjun ke dunia bisnis, tidak ada salahnya melirik usaha ini. Dalam budi daya/pemeliharaan bibitnya, jamur tiram tidak banyak menyita waktu sehingga juga sangat cocok bagi yang ingin melakukan usaha sampingan.

0 comments:

Post a Comment

 

Text Widget

semua tentang jamur dan manfaat, serta budidayanya. Menjual jamur di batam dan budidaya di batam. Aneka masakan jamur dan ide usahalain dari jamur.

Followers

Jamur Batam Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template
hostgator coupons