Tuesday, February 2, 2010

Jamur is.....

Perubahan pola masyarakat kini yang cenderung untuk menghindari makanan berkolesterol dan beralih ke makanan sehat banyak terjadi di kota-kota besar. Dan jamur serta hasil olahannya semakin banyak disukai dan dicari. Selain sehat, jamur juga merupakan alternatif untuk menggantikan daging.
Jamur termasuk dalam jenis sayuran yang mengandung sedikit sekali protein dan hidrat arang, seperti halnya kangkung, ketimun, kool, kembang kool dll. Dengan kandungan kalorinya rendah, jamur boleh bebas dimakan tanpa memperhitungkan banyaknya.
Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, jamur juga kerap dikonsumsi setelah mengalami pengeringan untuk pengawetan. Perbedaan antara jamur segar dan jamur kering terdapat perbedaan kalori yang dikandungnya. Jamur segar dalam 100 gram di dalamnya terdapat 15 kalori, protein 3,8 gram, lemak 0,6 gr, karbohidrat 0,9 gr, kalsium 3 mg, zat besi 1,7 mg, vitamin B 0,1 mg dan vitamin C 5 mg.
Sedangkan pada 100 gram jamur kering terdapat 128 kalori, protein 16 gram, lemak 0,9 gr, karbohidrat 64,6 mg, kalsium 51 mg, zat besi 6,7 mg, vitamin B 0,1 mg dan tidak mengandung vitamin C.
Hanya beberapa jamur yang bisa dikonsumsi dari ribuan jenis jamur yang tumbuh di bumi ini. Dari sedikit jumlah tersebut, ada lima jenis yang memiliki nilai ekonomi untuk dibudidayakan, yaitu jamur kuping, tiram, merang, champignon, dan shiitake.Tiga yang pertama, yaitu jamur kuping, tiram, dan jamur merang dapat dibudidayakan di sebagian besar wilayah Indonesia yang bersuhu hangat.

0 comments:

Post a Comment

 

Text Widget

semua tentang jamur dan manfaat, serta budidayanya. Menjual jamur di batam dan budidaya di batam. Aneka masakan jamur dan ide usahalain dari jamur.

Followers

Jamur Batam Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template
hostgator coupons